joystick

Pengertian Joystick
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk program game seperti game mobil, menggunakan joystick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli.

joystik

Elemen joystick pada gambar diatas :
1. Stick
2. Base
3. Trigger
4. Extra buttons
5. Autofire switch
6. Throttle
7. Hat Switch (POV Hat)
8. Suction Cup

Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas (pada joystick terkendalu atau joystick isometrik. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik.
Joystick mulai dikenal pada abad 20 han pada waktu itu nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang. Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah targetnya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.
Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft (1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joystick kepada industri komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox, kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog, dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware).

Jenis-Jenis Joystick
Jenis joystick ini adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja. dilihat pada gambar di bawah ini.

joy1

Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil. dapat dilihat pada gambar berikut.

joy1

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi skhusus untuk game pesawat terbang. dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

joy1

Teknis Kerja Joystick
Kebanyakan joystick dua-dimensi, memiliki dua sumbu gerakan mirip dengan mouse, tapi joystick satu dan tiga dimensi memang ada. Sebuah joystick umumnya dikonfigurasi sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri atau kanan sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan sinyal sepanjang sumbu Y. Dalam joystick yang dikonfigurasi untuk gerakan tiga-dimensi, memutar tongkat kiri (berlawanan arah jarum jam) atau kanan (searah jarum jam) pergerakan sinyal sepanjang sumbu Z. Ketiga sumbu X, Y dan Z yang dalam kaitannya dengan suatu gulungan, bola, dan pesawat. Sebuah joystick analog adalah joystick yang menyatakan berulang kembali yaitu suatu ukuran sudut pergerakan ke segala arah pada bidang atau ruang (biasanya menggunakan potensiometer) dan joystick digital yang hanya memberikan sinyal on / off untuk empat arah yang berbeda, dan kemungkinan kombinasi mekanis (seperti atas-kanan, kiri-bawah). Joystick digital sangat umum sebagai kontroler game untuk konsol permainan video, mesin arcade, dan komputer rumah dari 1980-an.
Selain itu joystick sering memiliki tombol api satu atau lebih, digunakan untuk memicu suatu tindakan. Ini adalah tombol sederhana untuk menekan on / off. Beberapa joystick memiliki kemampuan haptic feedback. Ini yang disebut perangkat aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat mengembalikan sinyal ke joystick yang menyebabkan perlawanan gerakan dengan kekuatan yang kembali atau membuat joystick bergetar. Kebanyakan kartu antarmuka I / O untuk PC memiliki joystick (kontrol game). joystick modern kebanyakan menggunakan USB antarmuka untuk koneksi ke PC.

2 comments on “joystick

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s