touchpad

Pengertian Touchpad
Touchpad juga biasa disebut TrackPad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel.
Tujuan diciptakannya touchpad adalah menyimpelkan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempatyang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih dapat menggunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Seperti halnya dengan mouse yang mempunyai tombol kiri dan kanan, toucpad pun punya tombol kiri dan kanan pada bagian bawahnya, tetapi doubel klik bisa dilakukan pada landasan touchpad dengan cara mengetuknya dua kali. Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yaitu sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad, tergantung pada pabrik pembuat.
Touchpad terutama digunakan dalam laptop dan tidak memerlukan permukaan datar di dekat mesin. Touchpad ini dekat dengan keyboard, dan hanya diperlukan gerakan jari yang sangat singkat untuk memindahkan kursor di monitor, sedangkan kekurangannya, kadang ibu jari pengguna memindahkan kursor mouse tanpa sengaja saat mengetik. Fungsi touchpad tersedia untuk komputer desktop di keyboard dengan built-in touchpad.
Touchpad satu dimensi adalah kontrol antarmuka utama untuk navigasi menu pada pemutar musik portable iPod Classic, di mana disebut sebagai click wheel karena hanya akan merasakan gerak sepanjang satu sumbu yang melilit seperti roda. Creative Labs juga menggunakan touchpad untuk garis Zen pada MP3 player, dimulai dengan Zen Touch. Microsoft Zune generasi kedua produk (80/120 Zune dan Zune 4 / 8) menggunakan sentuhan untuk Zune Pad.
Berikut adalah gambar dari touchpad :

mouse

Cara Kerja Touchpad
Ada dua cara pokok bagaimana touchpad bekerja :
1. Dalam pendekatan matriks, serangkaian konduktor diatur dalam sebuah array dari garis paralel dalam dua lapisan, dipisahkan oleh isolator dan persimpangan satu sama lain pada sudut yang tepat untuk membentuk grid. Sinyal frekuensi tinggi diberikan secara berurutan antara pasangan dalam grid array dua dimensi. Arus yang lewat di antara node sebanding dengan kapasitansi. Ketika virtual ground, seperti jari ditempatkan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif beberapa bidang listrik dihubungkan singkat ke titik ground ini, mengakibatkan perubahan kapasitansi yang besar di titik itu. Metode ini menerima US Patent 5.305.017 diberikan kepada George Gerpheide pada bulan April 1994.
2. Capacitive shunt method, dijelaskan dalam catatan aplikasi oleh Analog Devices, merasakan perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang ada di sisi berlawanan dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz. Jika titik ground, seperti jari ditempatkan antara pemancar dan penerima, beberapa garis medan didorong menjauh, mengurangi kapasitansi.

Cara Merawat Touchpad
Touchpad mempunyai peran penting pada laptop karena sebagai sensor pointing. Berikut beberapa tips agar touchpad awet untuk digunakan :
1. Usahakan jari-jari dalam keadaan kering. Bila tangan dan jari-jari sering berkeringat laplah dan sediakan tisu untuk sesekali menglap jari. Sebab keringat mengandung garam sehingga akan mengurangi sensitivitas touchpad.
2. Jangan menyentuh touchpad jika jari-jari berminyak biasanya setelah memakan sesuatu yang mengandung minyak. Karena minyak akan merubah warna dari touchpad dan akan mengurangi senstivitas touchpad.
3. Gunakan mouse jika pekerjaan membutuhan pergerakan pointer panah yang berpindah-pindah dengan cepat.
4. Nonaktifkan atau jangan sering menggunakan fungi klik di touchpad. Lebih baik gunakan tombol yang sudah disiapkan touchpad button (right or left click).
5. Setiap sehabis dipakai, lap lah touchpad dengan tisu. Jangan gunakan lap kasar atau basah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s